Setelah kemarin kita telah membahas mengenai Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online. Kali ini kita akan membahas cara cek iuran BPJS Kesehatan melalui pesan singkat di telepon genggam anda atau yang lebih dikenal dengan SMS (Short Message Service). Cara ini cocok dan praktis untuk anda yang mungkin tidak mempunyai akses internet atau kuota internet anda sedang habis.
BPJS Kesehatan sendiri telah menyediakan layanan yang bernama SMS Gateway, SMS Gateway sendiri merupakan layanan yang memberikan informasi kepada pengguna BPJS Kesehatan melalui pesan singkat atau SMS. Jadi dengan hanya mengirimkan sms ke nomor tertentu kita dapat mendapatkan informasi tertentu.
Layanan SMS Gateway dari BPJS Kesehatan ini, dapat diakses melalui nomor jaringan seluler resmi dari BPJS Kesehatan yaitu 08777 5500 400. Dengan layanan SMS Gateway ini, peserta BPJS dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai data pribadi peserta BPJS Kesehatan beserta fasilitas kesehatan (FASKES) yang didaftarkan/dipilih oleh peserta pada saat mendaftar dulu dan tentu saja iuran atau tagihan BPJS Kesehatan beserta denda yang dikenakan apabila menunggak pada bulan sebelumnya. Akses informasi tersebut dapat diterima berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai (NIP). Lantas, bagaimana caranya? Untuk memperoleh data pribadi kita cukup mengirimkan SMS dengan format:
NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN
Contoh : NIK 1234123412341234
Kirim ke : 087775500400
NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh : NOKA 0001234512345
Kirim ke : 087775500400
NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI
Contoh : NIP 123456123456123456
Kirim ke : 087775500400
Sedangkan untuk tagihan iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui pengiriman pesan dengan format :
TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh : TAGIHAN 0001234512345
Kirim ke : 087775500400
Untuk menegetahui format penulisan pesan pada layanan SMS Gateway BPJS Kesehatan, cukup dengan mengetik HELP lalu dikirim ke nomor 08777 5500 400
Berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya pernah menggunakan layanan ini dengan mengirim sms pada tanggal 10 bulan Oktober 2015 untuk mengetahui data pribadi dan cek iuran. Untuk cek iuran kita kurang lebih akan mendapat balasan seperti berikut:
"Tagihan Rp 59.500.Denda Rp 0.Total Rp 59.500.Pembayaran Maksimal Tgl 10/10/15 melalui BNI:8888801234512345 BRI:8888801234512345 MDR:8988801234512345"
Tagihan di atas untuk layanan kelas I, mungkin balasan yang anda dapatkan akan berbeda sesuai dengan kelas yang anda pilih saat anda mendaftar BPJS Kesehatan dulu. Beberapa menit kemudian saya mencoba mengirimkan SMS untuk cek data pribadi berdasarkan NIK dan balasanya adalah sebagai beriku:
"Mohon Cek Kembali Pesan Anda Atau Ketik HELP Untuk Mengetahui Perintah Lengkapnya"
Kemudian saya mencoba mengirimkan SMS lagi berdasarkan NOKA BPJS Kesehatan dan balasanya juga sama. Kemudian saya berfikir mungkin ada masalah dengan sistem SMS Gateway ini. Besoknya saya mencoba untuk mengirmkan SMS ulang untuk cek iuran dan data pribadi dan berhasil keduanya. Untuk cek iuran saya memperoleh balasan seperti ini
"Anda Tidak Memiliki Tunggakan Iuran. Terima Kasih Telah Melunasi Iuran. Iuran Dapat Dibayarkan Setiap Bulan Paling Lambat Tanggal 10"
Sedangkan untuk data pribadi saya mendapat balasan yang berisi identitas pribadi saya sebagai peserta BPJS berupa Nama, Kelompok peserta, Tanggal lahir, Layanan Kesehatan, dan Fasilitas kesehatan yang saya pilih.
Tagihan BPJS Kesehatan saya sebenarnya sudah saya bayarkan pada tanggal 7. Jadi dapat kita simpulkan jika informasi pembayaran BPJS Kesehatan akan terupdate otomatis setelah tanggal 10. Jika kita mengakses sebelum atau pada tanggal 10 maka tagihannya belum terupdate dan kita terlihat masih memiliki tunggakan.
Sebagai informasi tambahan BPJS Kesehatan tidak bertanggungjawab atas informasi yang keluar selain dari Nomor SMS Gateway BPJS Kesehatan - 087775500400 dan menghimbau untuk berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi "1500400" atau layanan "Hubungi Kami" pada website BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan sendiri telah menyediakan layanan yang bernama SMS Gateway, SMS Gateway sendiri merupakan layanan yang memberikan informasi kepada pengguna BPJS Kesehatan melalui pesan singkat atau SMS. Jadi dengan hanya mengirimkan sms ke nomor tertentu kita dapat mendapatkan informasi tertentu.
Layanan SMS Gateway dari BPJS Kesehatan ini, dapat diakses melalui nomor jaringan seluler resmi dari BPJS Kesehatan yaitu 08777 5500 400. Dengan layanan SMS Gateway ini, peserta BPJS dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai data pribadi peserta BPJS Kesehatan beserta fasilitas kesehatan (FASKES) yang didaftarkan/dipilih oleh peserta pada saat mendaftar dulu dan tentu saja iuran atau tagihan BPJS Kesehatan beserta denda yang dikenakan apabila menunggak pada bulan sebelumnya. Akses informasi tersebut dapat diterima berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai (NIP). Lantas, bagaimana caranya? Untuk memperoleh data pribadi kita cukup mengirimkan SMS dengan format:
Berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN
Contoh : NIK 1234123412341234
Kirim ke : 087775500400
Berdasarkan Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA)
NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh : NOKA 0001234512345
Kirim ke : 087775500400
Berdasarkan Nomor Induk Pegawai (NIP)
NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI
Contoh : NIP 123456123456123456
Kirim ke : 087775500400
Sedangkan untuk tagihan iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui pengiriman pesan dengan format :
TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh : TAGIHAN 0001234512345
Kirim ke : 087775500400
Untuk menegetahui format penulisan pesan pada layanan SMS Gateway BPJS Kesehatan, cukup dengan mengetik HELP lalu dikirim ke nomor 08777 5500 400
Berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya pernah menggunakan layanan ini dengan mengirim sms pada tanggal 10 bulan Oktober 2015 untuk mengetahui data pribadi dan cek iuran. Untuk cek iuran kita kurang lebih akan mendapat balasan seperti berikut:
"Tagihan Rp 59.500.Denda Rp 0.Total Rp 59.500.Pembayaran Maksimal Tgl 10/10/15 melalui BNI:8888801234512345 BRI:8888801234512345 MDR:8988801234512345"
Tagihan di atas untuk layanan kelas I, mungkin balasan yang anda dapatkan akan berbeda sesuai dengan kelas yang anda pilih saat anda mendaftar BPJS Kesehatan dulu. Beberapa menit kemudian saya mencoba mengirimkan SMS untuk cek data pribadi berdasarkan NIK dan balasanya adalah sebagai beriku:
"Mohon Cek Kembali Pesan Anda Atau Ketik HELP Untuk Mengetahui Perintah Lengkapnya"
Kemudian saya mencoba mengirimkan SMS lagi berdasarkan NOKA BPJS Kesehatan dan balasanya juga sama. Kemudian saya berfikir mungkin ada masalah dengan sistem SMS Gateway ini. Besoknya saya mencoba untuk mengirmkan SMS ulang untuk cek iuran dan data pribadi dan berhasil keduanya. Untuk cek iuran saya memperoleh balasan seperti ini
"Anda Tidak Memiliki Tunggakan Iuran. Terima Kasih Telah Melunasi Iuran. Iuran Dapat Dibayarkan Setiap Bulan Paling Lambat Tanggal 10"
Sedangkan untuk data pribadi saya mendapat balasan yang berisi identitas pribadi saya sebagai peserta BPJS berupa Nama, Kelompok peserta, Tanggal lahir, Layanan Kesehatan, dan Fasilitas kesehatan yang saya pilih.
Tagihan BPJS Kesehatan saya sebenarnya sudah saya bayarkan pada tanggal 7. Jadi dapat kita simpulkan jika informasi pembayaran BPJS Kesehatan akan terupdate otomatis setelah tanggal 10. Jika kita mengakses sebelum atau pada tanggal 10 maka tagihannya belum terupdate dan kita terlihat masih memiliki tunggakan.
Sebagai informasi tambahan BPJS Kesehatan tidak bertanggungjawab atas informasi yang keluar selain dari Nomor SMS Gateway BPJS Kesehatan - 087775500400 dan menghimbau untuk berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi "1500400" atau layanan "Hubungi Kami" pada website BPJS Kesehatan